Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PERAN PEMBELAJARAN BUDAYA ORGANISASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA PENERBANG POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA CURUG

Faturohman , Mochamad Ryan Ghulam (Unknown)
Maulana, Mohamad Yusuf (Unknown)
Ferlanda, Muhammad Daffa Putra (Unknown)
Daniswara, Muhammad Rafif Raditya (Unknown)
Fatonah, Feti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran budaya organisasi memiliki peran krusial dalam pembentukan karakter mahasiswa penerbang di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana budaya organisasi yang diterapkan dalam lingkungan pendidikan penerbangan dapat mempengaruhi kesiapan mahasiswa dalam menghadapi tuntutan profesional di industri penerbangan. Elemen-elemen utama budaya organisasi, seperti nilai dan norma, etos kerja, komunikasi, serta simbolisme, berkontribusi pada pengembangan karakter disiplin, tanggung jawab, dan integritas mahasiswa. Melalui kegiatan akademik dan non-akademik yang terstruktur, mahasiswa terlatih untuk menginternalisasi standar profesional dan etika kerja yang tinggi, yang menjadi landasan kesiapan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja penerbangan yang penuh tekanan dan berisiko. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran budaya organisasi berperan signifikan dalam meningkatkan kesiapan karakter mahasiswa, membekali mereka dengan sikap profesional dan keterampilan interpersonal yang esensial dalam industri penerbangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...