Pendidikan kewirausahaan telah menjadi salah satu strategi utama dalam meningkatkan minat mahasiswa untuk berwirausaha, terutama di tengah tantangan tingginya angka pengangguran terdidik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha dengan mereview hasil penelitian sebelumnya yang dipublikasikan dalam jurnal bereputasi. Berdasarkan tinjauan literatur, ditemukan bahwa pendidikan kewirausahaan berkontribusi positif dan signifikan terhadap peningkatan minat berwirausaha dengan estimasi kontribusi hingga 40%. Selain itu, faktor-faktor seperti efikasi diri, motivasi, dan dukungan lingkungan keluarga turut berperan sebagai moderator yang memperkuat hubungan tersebut. Studi ini menyimpulkan bahwa kurikulum pendidikan kewirausahaan yang melibatkan praktik langsung, dukungan keluarga, serta pendekatan personal mampu menciptakan pola pikir wirausaha yang lebih kuat di kalangan mahasiswa. Penelitian ini memberikan implikasi bagi institusi pendidikan tinggi untuk mengintegrasikan strategi-strategi yang lebih praktis dalam pelaksanaan pendidikan kewirausahaan.
Copyrights © 2024