Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

STUDI KASUS: KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Baiq Yuni Wahyuningsih (Universitas Mataram)
Vivi Rachmatul Hidayati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika yang berdampak pada kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menggali secara mendalam kesulitan yang dialami siswa kelas VI SDN 14 Cakranegara dalam memahami konsep matematika dan penerapannya. Instrumen yang digunakan meliputi observasi kelas, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, mengaitkan informasi, serta melakukan perhitungan aritmatika dasar. Selain itu, siswa cenderung memberikan jawaban yang singkat dan kurang terstruktur. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa termasuk rendahnya kemampuan aritmatika dasar, kesulitan dalam mengintegrasikan informasi, dan kurangnya pemahaman terhadap instruksi soal. Penelitian ini menyarankan intervensi pembelajaran berupa pendekatan yang lebih mendalam pada pemahaman konsep, latihan aritmatika rutin, dan bimbingan dalam penyusunan jawaban yang terstruktur untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...