Kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan vital dalam keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan. Salah satu pola kepemimpinan yang relevan dengan kondisi saat ini yaitu kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan ini berpusat pada perubahan dengan memberikan inspirasi pada anggota untuk berjuang mencapai visi yang ditetapkan. Namun, pada kenyataannya masih banyak kepala sekolah yang belum mampu menerapkan kepemimpinan ini. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini dapat memberikan referensi terkait kepemimpinan trasnformasional. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Dari penelitian di SD Negeri Purworejo didapatkan bahwa kepala sekolah telah menerapkan kepemimpinan transformasional. Kepala sekolah selalu berupaya untuk menciptakan kondisi sekolah yang kondusif serta selalu memberikan dukungan kepada guru untuk selalu meningkatkan keterampilannya. Komunikasi secara terbuka juga dilakukan sebagai bentuk pemberian ruang terhadap guru untuk berpartisipasi. Kepala sekolah berusaha untuk menghargai guru dan melibatkan guru dalam kegiatan sekolah.
Copyrights © 2024