Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

STRATEGI KEPEMIMPINAN KASEPUHAN CITOREK : PRAKTIK BAIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SHARED-LEADERSHIP KEPALA SEKOLAH

Yuliesie , Wiwit (Unknown)
Narni, Narni (Unknown)
Rosmilawati, Ila (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Kepemimpinan berbasis kebersamaan atau kepemimpinan bersama menjadi salah satu pendekatan penting dalam manajemen pendidikan saat ini. Artikel ini membahas strategi kepemimpinan di Kasepuhan Citorek, sebuah komunitas adat di Banten, yang dapat diadaptasi sebagai praktik berbagi kepemimpinan dalam konteks pendidikan, khususnya pada kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana prinsip-prinsip kepemimpinan kolektif dan musyawarah untuk mufakat di Kasepuhan Citorek dapat mendukung pengembangan shared-leadership di sekolah. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kepemimpinan di Kasepuhan Citorek, yang mengedepankan partisipasi, Pembagian peran yang jelas, dan nilai-nilai kearifan lokal, dapat membantu meningkatkan kolaborasi dan akuntabilitas di sekolah. Kesimpulannya, strategi berbagi kepemimpinan di Kasepuhan Citorek relevan dalam mengembangkan kemampuan kepala sekolah untuk unggul secara kolaboratif dan inklusif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...