Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS V SDN DUKUH KUPANG V SURABAYA

Safikri, Aida Ladzina (Unknown)
Tyastuti, Setya Ridia Cahyaning Dewi (Unknown)
Suprihatien, Suprihatien (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan dalam menulis puisi peserta didik kelas V B SDN Dukuh Kupang V Surabaya dengan memperhatikan unsur-unsur instrinsik puisi seperti imajinasi, diksi, majas, rima, kejelasan isi serta amanat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa puisi karya peserta didik, dokumentasi, dan wawancara. Subjek dari penelitian ini berjumlah 28 peserta didik. Hasil penelitian bahwa keterampilan menulis puisi kelas V B dalam aspek yang dinilai merupakan aspek diksi dengan presentase rata-rata 70% kategori tinggi. Aspek imajinasi dengan presentase rata-rata 81% kategori tinggi. Aspek rima dengan presentase rata-rata 80% kategori tinggi. Aspek penggunaan majas presentase rata-rata 45% kategori cukup. Aspek kejelasan isi presentase rata-rata 93% kategori sangat tinggi, dan aspek amanat presentase rata-rata 81% kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi peserta didik kelas V B di SDN Dukuh Kupang V Surabaya memperoleh kategori tinggi dengan rata-rata 79%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...