Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode Role Playing dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas X MA Darul Ulum Waru Sidoarjo, mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Role Playing mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami konsep Akidah Akhlak, serta memperkuat motivasi mereka dalam belajar. Faktor pendukung keberhasilan metode ini meliputi antusiasme siswa dalam berpartisipasi, keterlibatan aktif dalam diskusi, dan adanya apresiasi dari guru. Dengan demikian, metode Role Playing dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Optimalisasi pengelolaan waktu dan pendekatan yang lebih fleksibel diperlukan agar penerapan metode ini lebih maksimal.
Copyrights © 2025