Rendahnya minat siswa dalam belajar matematika menjadi masalah yang harus diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar matematika pada siswa kelas V SDN 2 Jenangan. ), Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis studi khusus (study case). Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, siswa kelas V dan orang tua siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa faktor-faktor rendahnya minat belajar matematika pada siswa kelas V adalah sebagai berikut, faktor internal siswa dapat ditunjukkan dengan (1) Kurangnya minat siswa terhadap matematika dan asumsi bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. (2) Kurangnya motivasi belajar siswa, (3) Rendahnya prestasi siswa dalam matematika. Sedangkan faktor eksternal adalah: (1) faktor lingkungan siswa, (2) fasilitas belajar yang tidak memadai, (3) dan kurangnya perhatian dari orang tua (keluarga).
Copyrights © 2025