Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas terhadap pengembangan e-modul berbasis ispring suite berbantuan education games pada materi garis dan bentuk seni rupa di kelas IC SD Negeri 060866 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yaitu ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang ahli media, ahli desain, guru kelas dan juga peserta didik yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi diperoleh presentase 96,66% dengan kriteria "Sangat Valid", hasil validasi ahli desain diperoleh presentase 85% dengan kriteria "Sangat Valid", hasil validasi uji praktikalitas (angket guru) diperoleh presentase 98% dengan kriteria "Sangat Praktis", dan tes hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan e-modul diperoleh nilai pretest dengan presentase 10% dengan kriteria "Kurang Efektif” dan nilai posttest dengan presentase 95% dengan kriteria "Sangat efektif". Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru untuk dapat menggembangkan dan menggunakan e-modul berbasis ispring suite berbantuan education games pada materi garis dan bentuk seni rupa dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025