Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Brain Based Learning pada siswa SMK dan Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK yang diterapkan model Brain Based Learning dan yang diterapkan pembelajaran konvensional. Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. peneliti menggunakan jenis desain control group pretest-posttest design. Penelitian control group pretest-posttest design menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Madani. sampel secara acak yaitu dengan cara menuliskan semua populasi kelas X pada kertas kemudian digulung dan dimasukkan ke dalam botol lalu dikocok dan dijatuhkan satu gulungan kertas yang berisikan nama sampel sebagai kelas eksperimen, begitu juga hal yang sama dilakukan untuk menentukan kelas kontrol. Adapun sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagaiX-1 kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh = 13,67 dan = 1,69, maka > , hal ini berarti tolak terima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil rata-rata selisih posttest-pretest kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen adalah ( = 2,94) dan rata-rata selisih postest-pretest kelas kontrol adalah ( = 1,73) terlihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol. nilai t untuk kedua kelas yaitu h = 4,32 dan = 1,67. Hasil ini berakibat h > yaitu 4,32 > 1,67 berada pada daerah penolakan H terima H1. Hal ini menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2025