Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 040481 CINTARAKYAT TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Sembiring, Beta Perbina br (Unknown)
Panjaitan, Juliana (Unknown)
Ambarwati, Nova Florentina (Unknown)
Lumbanraja, Bogor (Unknown)
Sinaga, Reflina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2025

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya minat belajar dan pencapaian hasil belajar siswa yang belum optimal. Kondisi ini diperburuk oleh dominasi metode konvensional seperti ceramah yang kurang menarik, sehingga siswa cenderung pasif dan kesulitan memahami konsep-konsep IPAS yang bersifat abstrak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengintegrasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan media pop up book yang bersifat interaktif dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 040481 Cintarakyat Tahun Pembelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain pretest dan posttest terhadap 40 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 65,25 menjadi 82,75 pada posttest. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai t_hitung = 5,247 dan t_tabel = 1,684, sehingga Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media pop up book berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...