Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

EFEKTIVITAS PENDEKATAN FILSAFAT SAINS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP HUKUM NEWTON DI PERGURUAN TINGGI

T.W., Alhidayatuddiniyah (Unknown)
Alamsyah, Nur (Unknown)
Suharyati, Henny (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Pendekatan filsafat sains dalam pembelajaran fisika diyakini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar, khususnya hukum Newton. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas pendekatan tersebut dalam memperdalam pemahaman mahasiswa terhadap prinsip hukum Newton. Menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group, data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan wawancara. Hasil uji-t menunjukkan nilai t = 6,58 dengan p<0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Mahasiswa yang diajarkan dengan pendekatan filsafat sains menunjukkan peningkatan pemahaman konsep yang lebih signifikan dibandingkan mahasiswa yang belajar dengan metode konvensional. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan filsafat sains dalam pembelajaran fisika di perguruan tinggi merupakan alternatif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep secara mendalam dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran fisika secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...