Jurnal Tarbiyatuna
Vol 8 No 1 (2017)

Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Fiqih Di MI Al Islam Tonoboyo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang

Ema Fatimah, Nisfu (Unknown)
Usman, Nurodin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih di MI Al Islam Tonoboyo, mengetahui faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih di MI Al Islam Tonoboyo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 6 orang, yang terdiri dari kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Fikih dan 3 orang siswa dari 26 siswa yang ada di kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di MI Al Islam Tonoboyo meliputi perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran guru mencantumkan beberapa karakater kedalam RPP untuk diterapkan dalam pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang bertujuan mengembangkan karakter siswa. Pada proses pembelajaran ada stimulus atau rangsangan interaksi yang berfungsi menanamkan karakter selama proses pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru juga menggunakan berbagai metode untuk membentuk karakter siswa yaitu dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan tanya jawab untuk mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan yang dimilki oleh anak, serta menggunakan pendekatan saintific sehingga dalam proses pembelajaran lebih menekankan pada keaktifan siswa sehingga mudah dalam pembentukan karakter siswa. Hal ini dapat membuat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih dapat terlaksana dengan baik. Faktor yang mempengaruhi impelementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fikih di MI Al Islam Tonoboyo ada dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung itu meliputi kegiatan-kegiatan yang diterapkan di madrasah sebagai penunjang keberhasilan pembentukan karakter siswa dan kondisi lingkungan sekolah. Adapun faktor penghambat meliputi waktu pelaksanaan pembelajaran, peserta didik atau siswa yang berasal dari lingkungan yang berbeda-beda, dan perencanaan pembelajaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Aim Tarbiyatuna is a scientific journal and research results in the field of Islamic education managed by the Faculty of Islamic Studies, Universitas Muhammadiyah Magelang. This journal is published twice a year and it is a tool for researchers, academics and practitioners interested in the field of ...