Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 1 No. 01 (2021): Edisi July 2021

Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi MelaluiPendekatan Konstektual Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Mardi Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Tujuan Penelitian Adalah : untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa menuliskarangan deskripsi melalui pembelajaran kontektual dikelas B. metode yang digunakanadalahmetode penelitian Tindakan kelas . penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Siklus 1siswamendeskripsikan isi kotak . hasil terdapat siswa ( 6% ) Yang mencapai KKM≥70. SiklusII, terdapat perubahan dari siklus I, yaitu komponen konstruktivisme yaitu objek pendeskripsiandan pemodelan yang digunakan,sedangkan langka- langkanya terdapat perubahan , yaitusetelahkegiatan permodelan dilanjutkan dengan penilaiaan auntentik, dan kegiatan refleksi. Hasil 13siswa ( 37,1% ) yang mencapai nilai ≥ 70.siklus III , terdapat perubahan pada kontruktivisme saja, yaitu objek saja , sedangkan sedangkalangka-langkanya tetap dipertahankan seperti pada siklus II . hasilnya 32 siswa ( 91,4%)mencapai≥ 70.keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi meningkat melaluipembelajaran kontektual. Dengan pembelajaran kontektual siswa terlihat antusias( aktif dansenang) Mengikuti kegiatan pembelajaran. Bila dilihat dari kriteria keberhasilan proses maupunhasil , siklus I, siklus II, siklus belum berhasil. Keberhasilan Tindakan baru tercapai pada siklusIII.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...