Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 1 No. 01 (2021): Edisi July 2021

PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DALAMTEORI HUMANISTIK

Mutia Ulfa (UIN Ar Raniry)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Anak usia dini yang biasanya disebut dengan masa golgen age memiliki cara tersendiri dalammelaksanakan proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga mengharuskan guru untuk memiliki banyaklangkah pembelajaran yang tepat, sesuai dan menyenangkan. Anak usia dini dapat dikatakanbelummenjadi manusia seutuhnya. Dalam teori humanistik yang memiliki tujuan untuk memanusiakan manusia. Guru mendampingi anak secara maksimal agar menjadi manusia seutuhnya baik dalamaspek kognitif, fisik, emosional, dan perasaan. Teori humanistik memiliki tujuan utama dalam pendidikan yaitu menjadifasilitas dalam proses pembelajaran bukan untuk mengajar. Selanjutnya terdapat beberapa tokohyangberpendapat dalam teori humanistik, diantaranya adalah Abraham Maslow, Athur Combs, danCarlRansom Rogers. Setiap tokoh memiliki hierarki tersendiri dalam teori humanistiknya. Konsepdasardalam memahami humanistik yaitu: keinginan belajar, berinisiatif, kenyamanan belajar, memahami tujuan belajar dan adanya perubahan sikap. Kata Kunci: anak usia dini, pembelajaran, teori humanistik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...