Jurnal Hamka ilmu pendidikan islam
Vol. 3 No. 02 (2023): Edisi Desember 2023

PERLINDUNGAN ANAK DALAM PERMASALAHAN KEKERASAN TERHADAPANAK USIA DINI DI TK MUHAMMADIYAH

Syahrial , Eri Shahrial (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini memaparkan konsep, bentuk, dan dampak positif integrasi sains dengan agamadiSMP Muhammadiyah Plus Batam. Bentuk integrasi sains dan agama diwujudkandenganpenggabungan kurikulum nasional dan kurikulum Ismuba (Islam Muhammadiyah danBahasaArab). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatanstudi kasus. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian datadanpenarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa konsep integrasi sains danIsmubadiwujudkan dalam bentuk bangunan kurikulum yang baku dan diterapkan dalamprosespendidikan. Dengan integrasi sains dan teknologi berimplikasi pada pendidikan Islamantaralain:pertama, berimplikasi dalam hal kurikulum TK Muhammadiyah Plus Batam, mengantarkanpeserta didik agar memiliki hasrat dan kemampuan untuk melakukan penelitian (riset) padabidang-bidang sains untuk kemudian menemukan “titik sambungnya” dengan realitas objektifyang terjadi pada wilayah keagamaan. Kedua, implikasi dalam proses belajar mengajar, gurumengembangkan imajinasi kreatif. Dan ketiga implikasi dalam aspek pendidikansosialkeagamaan. Dengan paradigma integratif, menumbuhkan sikap saling menghormati danmenghargai perbedaan sebuah keyakinan dalam beragama. Kata Kunci: Perlindungan anak , dalam kekerasan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hamka

Publisher

Subject

Arts Humanities Neuroscience Social Sciences Other

Description

HAMKA Journal of Educational Sciences (E-ISSN 2829-8705) is a quality open access peer-reviewed research journal published by The STIT Internasional Muhammadiyah Batam Indonesia. The focus and scope of this journal are on Early Childhood Islamic Education, and Arabic Language Education. Jurnal Hamka ...