Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Fintech Payment Terhadap Perilaku Menabung Generasi Z

Junanda, Indri Amelia (Unknown)
Febriana, Widia (Unknown)
Widiyasti, Baiq Dinna (Unknown)
Alpiansah, Restu (Unknown)
Nirwana, Baiq Nadia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, dan fintech payment terhadap perilaku menabung Generasi Z di Kota Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan literasi keuangan, sikap keuangan, dan fintech payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung.Temuan ini menegaskan pentingnya pemahaman dan sikap keuangan yang baik, serta adaptasi terhadap teknologi pembayaran digital dalam mendorong perilaku menabung di kalangan Generasi Z. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi lembaga keuangan, edukator, dan pengambil kebijakan dalam merancang program literasi keuangan dan inovasi layanan keuangan digital yang sesuai dengan karakteristik generasi muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...