Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat
Vol 5, No 1 (2025): April 2025

SOSIALISASI PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS DIGITAL BAGI GURU DI SMP SWASTA AL-AZHAR MEDAN

Losi, Rizky Vita (Unknown)
Harahap, Ahmad Fadli (Unknown)
Hamdanur, Roobby (Unknown)
Liani, Ghustiva (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Abstract: The development of digital English teaching modules is urgent in the context of globalization and rapid technological advances. The socialization activities in the implementation of this community service aimed to increase the understanding and knowledge of English teachers in creating and using digital-based teaching modules in English subjects at SMP Swasta Al-Azhar Medan. This activity provides insight into effective teaching strategies and how to design modules that are interactive and interesting, so as to increase student engagement. The development of English teaching module uses several digital applications such as Canva, Flipbook Maker, and Barcode Generator to create an innovative and interactive digital-based teaching module. The method used in this activity is organized in several stages, namely: (1) situation analysis, (2) observation and initial interviews, (3) instrument preparation, (4) pre-test and material presentation, and (5) post-test, question and answer session and evaluation. The success of this community service activities is measured using the percentage of pre-test and post-test results, where the results show a significant increase, almost reaching an average of 87% in the post-test results. These results indicate that quantitatively the understanding and knowledge of English teachers at SMP Swasta Al-Azhar Medan on digital-based teaching modules has increased after participating in the socialization held by the service team. This socialization activity is expected to be the first step in transforming teaching methods that are more modern and effective, and support students in achieving optimal learning outcomes. Keyword: digital-based teaching module; English language skills; interactive learning Abstrak: Pengembangan modul ajar digital bahasa Inggris sangat mendesak dalam konteks globalisasi dan kemajuan teknologi yang cepat. Kegiatan sosialisasi dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan guru bahasa Inggris dalam membuat dan menggunakan modul ajar berbasis digital pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Swasta Al-Azhar Medan. Kegiatan ini memberikan wawasan tentang strategi pengajaran yang efektif dan cara merancang modul yang interaktif serta menarik, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Modul ajar bahasa Inggris yang dikembangkan menggunakan beberapa aplikasi digital seperti Canva, Flipbook Maker, dan Barcode Generator hingga terciptanya modul ajar berbasisi digital yang inovatif dan interaktif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini disusun dalam mbeberapa tahapan, yaitu: (1) analisis situasi, (2) observasi dan wawancara awal, (3) penyusunan instrumen, (4) pre-test dan pemaparan materi, serta (5) post-test, sesi tanya jawab dan evaluasi. Keberhasilan kegiatan PKM diukur menggunakan persentase hasil pre test dan post test, dimana hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signikan hampir mencapai rerata 87% pada hasil post test. Hasil ini menunjukkan bahwa secara kuantitatif pemahaman dan pengetahuan guru-guru bahasa Inggris di SMP Swasta Al-Azhar terhadap modul ajar berbasis digital mengalami peningkatan setelah mengikuti sosialisasi yang diadakan oleh tim pengabdian. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam transformasi metode pengajaran yang lebih modern dan efektif, serta mendukung siswa dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Kata kunci: modul ajar berbasis digital; keterampilan bahasa Inggris; pembelajaran interaktif 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPSTM

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat adalah merupakan jurnal ilmiah dengan E-ISSN 2776-7647 yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang terbit pada bulan April dan Desember setiap ...