Al-Lughah
Vol. 1 No. 1 (2025): Al-Lughah

Ilmu Sharaf Dalam Pendidikan Bahasa Arab: Tantangan dan Solusi Pengajaran

Munyati, Munyati (Unknown)
Abdullah, Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Ilmu sharaf merupakan salah satu cabang penting dalam tata bahasa Arab yang berperan signifikan dalam pemahaman dan penguasaan bahasa Arab secara menyeluruh. Namun, dalam konteks pendidikan bahasa Arab, pembelajaran ilmu sharaf sering kali menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi metodologi pengajaran, tingkat kesulitan materi, maupun minat siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan-tantangan utama dalam pengajaran ilmu sharaf serta menawarkan solusi yang efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Beberapa tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan metode pengajaran yang interaktif, kurangnya bahan ajar yang kontekstual, serta kesulitan siswa dalam mengaplikasikan konsep-konsep sharaf dalam praktik berbahasa. Solusi yang ditawarkan mencakup pengembangan metode pembelajaran yang lebih variatif dan kontekstual, integrasi teknologi dalam proses belajar-mengajar, serta penekanan pada pembelajaran aplikatif yang melibatkan lebih banyak latihan dan penerapan praktis. Dengan solusi tersebut, diharapkan pembelajaran ilmu sharaf dapat menjadi lebih menarik dan efektif, serta memberikan kontribusi positif bagi penguasaan bahasa Arab siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

allughah

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Lughah merupakan jurnal pendidikan bahasa Arab. Fokus dari Jurnal ini adalah memberikan pemahaman tentang pembelajaran bahasa Arab yang dapat dikembangkan oleh instruktur dan konsultan untuk pembelajaran pendidikan bahasa Arab, baik guru, dosen, maupun masyarakat umum sebagai bahan referensi yang ...