AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 14, No 1 (2025)

PENGARUH GRIT TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL

Sembiring, Ribka Kariani Br (Unknown)
Amabarwati, Nova Florentina (Unknown)
Sembiring, Novalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh faktor grit terhadap prestasi akademik pada mata pelajaran matematika dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya. Grit diukur melalui skala yang mengukur ketekunan dan keberanian dalam menghadapi tantangan. Penelitian ini juga mempertimbangkan faktor-faktor internal seperti motivasi intrinsik dan self-efficacy, serta faktor eksternal seperti dukungan sosial dan lingkungan belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan tes yang diberikan diakhir semester yang disebarkan kepada sampel siswa kelas 7, 8 dan kelas 9. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi untuk mengetahui hubungan antara grit dan prestasi akademik, serta untuk melihat seberapa besar pengaruh faktor internal dan ekstenal dalam memediasi hubungan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara grit dan prestasi akademik pada mata pelajaran matematika siswa sebesar 77,14. Selain itu faktor internal seperti motivasi intrinsik dan self-efficacy terbukti memediasi  hubungan antara grit dan prestasi akademik siswa, sedangkan faktor eksternal seperti dukungan sosial dan lingkungan belajar juga memiliki pengaruh yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya pengembangan grit pada siswa SMP sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi akademik mereka, dengan memperhatikan peran faktor internal dan eksternal yang turut mempengaruhi. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya perhatian lebih terhadap pembinaan grit pada tingkat pendidikan, serta pentingnya dukungan sosial dan lingkungan belajar yang kondusif dalam meningkatkan prestasi akademik pada matapelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...