Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode
VOLUME 01 NO 02 OKTOBER 2024

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANALITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD

Octa Elsa Br Sidabariba (Universitas Katolik Santo Thomas)
Ester J Simarmata (Universitas Katolik Santo Thomas)
Perinandita Banjarnahor (Universitas Katolik Santo Thomas)
Riana Saputri Saragih (Universitas Katolik Santo Thomas)
Florentina Panjaitan (Universitas Katolik Santo Thomas)
Mei Sihombing (Universitas Katolik Santo Thomas)
Jura Nengsih Sihotang (Universitas Katolik Santo Thomas)
Yopinaldo Simbolon (Universitas Katolik Santo Thomas)
Putri Manik (Universitas Katolik Santo Thomas)
Elsa Ronauli Sipayung (Universitas Katolik Santo Thomas)
Sri Walinda Purba (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning, PBL) dalam mengembangkan kemampuan analitis siswa pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) berupa Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan metode PBL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan analitis, yang terdiri dari pretest dan posttest, serta lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan analitis siswa di kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol (p < 0,05). Rata-rata nilai posttest dan N-Gain kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi, sementara kelompok kontrol hanya mencapai kategori sedang. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran berbasis masalah efektif dalam mendorong siswa untuk berpikir kritis, menganalisis permasalahan, dan menemukan solusi yang relevan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode PBL dapat meningkatkan kemampuan analitis siswa secara signifikan dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu, metode ini direkomendasikan sebagai pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini mencakup perlunya pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan penerapan metode pembelajaran berbasis masalah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmsm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode adalah platform akademis yang memfokuskan pada penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam penggunaan media, strategi pembelajaran, dan metode pengajaran yang inovatif. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan artikel-artikel ...