Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode
VOLUME 01 NO 04 FEBRUARI 2025

PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI O67244

Juwita Gulo (Universitas Katolik Santo Thomas)
Duwicha Br Ginting (Universitas Katolik Santo Thomas)
Meikardo Samuel Prayuda (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2025

Abstract

Perlu kita ketahui bahwa salah satu masalah yang dihadapi siswa sekarang ini yaitu motivasi belajar yang semakin minim. Hal ini dapat terjadi karena strategi dan metode yang digunakan oleh guru sangat monoton dan kurang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa tidak bersemangat dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum merdeka seorang guru diharapkan untuk lebih kreatif dalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam membangkitkan motivasi siswa dalam belajar. Metode simulasi adalah suatu cara yang bisa digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Didalam metode simulasi ini siswa akan berperan aktif dalam pembelajaran dan memicu semangat siswa untuk belajar, Adapun kegiatan yang dapat dilakukan oleh siswa dalam metode simulasi ini yaitu siswa dapat bermain peran dalam suatu peristiwa yang terjadi dalam kehidupan nyata, sesuai dengan pembelajaran yang telah dipersiapkan oleh guru. Metode simulasi ini membantu siswa dalam mengingat materi pembelajaran dengan mudah, dan gaya belajar tidak membosankan bagi siswa, meningkatkan keaktifan siswa, memori siswa semakin kuat, rasa percaya diri, kemampuan berbicara siswa, siswa semakin kreatif, dan mampu mengadakan kerjasama dalam kelompok serta menerima materi pembelajaran dari guru dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmsm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, dan Metode adalah platform akademis yang memfokuskan pada penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam penggunaan media, strategi pembelajaran, dan metode pengajaran yang inovatif. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan artikel-artikel ...