Pembelajaran Al-Qur’an sejak usia dini memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dan membentuk karakter spiritual anak. Namun, pendekatan pembelajaran yang hanya berfokus pada hafalan seringkali mengabaikan pemahaman makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam surah. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan Surah An-Nas beserta maknanya kepada anak-anak di TPA Qurrata A’yun Bangas Permai 6 Palangka Raya sebagai media pembentukan nilai tauhid dan kesadaran perlindungan diri kepada Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, serta analisis data dilakukan dengan pendekatan interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami makna Surah An-Nas dan menghafalkannya secara bertahap melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, seperti membaca bergiliran, pemberian pujian, hadiah, dan tepuk tangan. Strategi ini membangun semangat belajar dan memperkuat internalisasi nilai spiritual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran Surah An-Nas yang berbasis makna mampu menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter religius anak sejak usia dini.
Copyrights © 2025