QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 2 (2025): 2025

Mengenal Surah An-Nas Beserta Artinya di TPA Qurrata A’yun Bangas Permai 6 Palangka Raya

Devi Haryani (Unknown)
Sofieta Ria (Unknown)
Hadma Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an sejak usia dini memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dan membentuk karakter spiritual anak. Namun, pendekatan pembelajaran yang hanya berfokus pada hafalan seringkali mengabaikan pemahaman makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam surah. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan Surah An-Nas beserta maknanya kepada anak-anak di TPA Qurrata A’yun Bangas Permai 6 Palangka Raya sebagai media pembentukan nilai tauhid dan kesadaran perlindungan diri kepada Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, serta analisis data dilakukan dengan pendekatan interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami makna Surah An-Nas dan menghafalkannya secara bertahap melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, seperti membaca bergiliran, pemberian pujian, hadiah, dan tepuk tangan. Strategi ini membangun semangat belajar dan memperkuat internalisasi nilai spiritual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran Surah An-Nas yang berbasis makna mampu menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter religius anak sejak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...