Keandalan dan ketepatan instrumen merupakan elemen krusial dalam menghasilkan data berkualitas pada penelitian di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, jenis, dan teknik pengujian validitas serta reliabilitas instrumen dalam konteks penelitian pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan pendekatan kualitatif deskriptif, kajian ini menghimpun dan mensintesis teori-teori dari berbagai literatur ilmiah yang kredibel. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan instrumen yang baik harus diawali dengan perumusan konstruk yang jelas, penyusunan kisi-kisi, validasi ahli, serta uji coba empiris dengan teknik statistik yang tepat, seperti uji validitas isi dan koefisien reliabilitas. Selain itu, faktor eksternal seperti kompetensi peneliti dan kondisi subjek juga memengaruhi kualitas pengukuran. Oleh karena itu, uji validitas dan reliabilitas bukan hanya prosedur teknis, melainkan bagian integral dalam memastikan mutu data dan keabsahan hasil penelitian di bidang pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025