QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 2 (2025): 2025

Analisis Instrumen Penelitian Pendidikan (Uji Validitas Dan Relibilitas Instrumen Penelitian)

Afifah Aulia Zayrin (UIN Imam Bonjol Padang)
Hayatun Nupus (UIN Imam Bonjol Padang)
Khalista Khansa Maizia (UIN Imam Bonjol Padang)
Siska Marsela (UIN Imam Bonjol Padang)
Rully Hidayatullah (UIN Imam Bonjol Padang)
Harmonedi Harmonedi (UIN Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Keandalan dan ketepatan instrumen merupakan elemen krusial dalam menghasilkan data berkualitas pada penelitian di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, jenis, dan teknik pengujian validitas serta reliabilitas instrumen dalam konteks penelitian pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan pendekatan kualitatif deskriptif, kajian ini menghimpun dan mensintesis teori-teori dari berbagai literatur ilmiah yang kredibel. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan instrumen yang baik harus diawali dengan perumusan konstruk yang jelas, penyusunan kisi-kisi, validasi ahli, serta uji coba empiris dengan teknik statistik yang tepat, seperti uji validitas isi dan koefisien reliabilitas. Selain itu, faktor eksternal seperti kompetensi peneliti dan kondisi subjek juga memengaruhi kualitas pengukuran. Oleh karena itu, uji validitas dan reliabilitas bukan hanya prosedur teknis, melainkan bagian integral dalam memastikan mutu data dan keabsahan hasil penelitian di bidang pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...