QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 2 (2025): 2025

Telaah Kesalahan Kesalahan Prosedur Penelitian Pendidikan

Agina Tiani (UIN Imam Bonjol Padang)
Annisa Suci Maulani (UIN Imam Bonjol Padang)
Hesti Desmira Iryani (UIN Imam Bonjol Padang)
Sinta Fitriani (UIN Imam Bonjol Padang)
Rully Hidayatullah (Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman)
Harmonedi (UIN Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Kesalahan prosedural dalam pelaksanaan penelitian pendidikan masih menjadi persoalan serius yang berdampak pada validitas, reliabilitas, dan kualitas hasil penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai bentuk kesalahan prosedural yang umum terjadi dalam penelitian pendidikan serta menganalisis dampaknya terhadap keandalan temuan ilmiah. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menelaah sumber-sumber relevan seperti jurnal ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi yang terbit antara tahun 2015–2024. Hasil kajian menunjukkan lima kategori kesalahan dominan, yaitu: kesalahan dalam perumusan masalah, pemilihan metode yang tidak tepat, penyusunan instrumen yang tidak tervalidasi, teknik pengambilan sampel yang tidak representatif, serta penggunaan analisis data yang tidak sesuai dengan jenis data. Kesalahan-kesalahan tersebut mencerminkan lemahnya pemahaman peneliti terhadap prinsip metodologis serta kurangnya bimbingan akademik yang efektif. Implikasinya, dibutuhkan penguatan literasi metodologi melalui pelatihan, pembenahan kurikulum penelitian, dan supervisi yang ketat agar kualitas penelitian pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan secara sistematis dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...