Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi pokok matriks di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sangatta Utara tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Slovin. Instrumen penelitian ini berupa angket dan lembar observasi untuk memperoleh data tentang kemandirian belajar siswa dan tes yang terdiri dari 4 butir soal cerita untuk memperoleh data kemampuan siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa analisis regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi α=0,05. Hasil analisis deskripif menunjukan rata-rata kemandirian belajar siswa berkategori sedang dan rata-rata kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita berkategori sedang. Hasil analisis inferensial untuk uji t menunjukan variabel kemandirian belajar siswa berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pokok matriks di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sangatta Utara tahun ajaran 2021/2022.
Copyrights © 2024