Jurnal Riset Pecinta Matematika
Vol. 1 No. 1 (2024)

Deskripsi Proses Pembelajaran Matematika Dan Kesulitan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring Di SMA Negeri 5 Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19

Yulidiar, Tiara (Unknown)
Basir, Abdul (Unknown)
Asyril, Asyril (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika secara daring dan kesulitan yang dialami peserta didik selama pembelajaran matematika secara daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Samarinda. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika secara daring dan kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang dipilih untuk digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, saat proses pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri 5 Samarinda interaksi dan komunikasi kurang antara guru dengan peserta didik maupun antara peserta didik satu dengan peserta didik lainnya. Tidak terjadi adanya diskusi dan tanya jawab selama proses pembelajaran. Kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri 5 Samarinda yaitu, 1) Kesulitan terkait kendala teknis 2) Kesulitan dalam memahami materi pelajaran matematika yang disampaikan oleh guru, 3) Kesulitan mengatur dan mengontrol belajar daring secara mandiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JRPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JRPM: Jurnal Riset Pecinta Matematika is an academic journal published by Yayasan Cinta Matematika. The journal is dedicated to advancing the understanding and application of mathematics and mathematics education. We aim to provide a platform for researchers, educators, and practitioners to share ...