Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian kinerja guru di SMPN 1 Kedungwaringin Bekasi berdasarkan lima indikator utama: kualitas kerja, ketepatan/kecepatan kerja, inisiatif dalam bekerja, kemampuan kerja, dan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber untuk memastikan kredibilitas hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kerja guru secara umum dinilai cukup baik, sekolah juga menunjukkan inisiatif dalam mengembangkan metode pembelajaran baru dan berupaya meningkatkan kemampuan kerja melalui pelatihan dan pendampingan, tetapi diperlukan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan efektivitas langkah tersebut. Guru terus berupaya meningkatkan kinerja melalui dukungan sekolah. Dalam aspek komunikasi, guru dinilai cukup baik dalam berinteraksi dengan siswa, orang tua dan rekan kerja. Namun, masih terdapat tantangan dalam menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan siswa yang beragam serta beban administrasi yang cukup tinggi yang mempengaruhi kinerja guru. Maka dengan itu guru dapat meningkatkan kinerja mereka dengan lebih efektif lagi, dan mengurangi beban administrasi. Sehingga dapat meningkatkan kinerja mereka untuk mendukung efektivitas pembelajaran dan kualitas pendidikan, dan mengatasi tantangan yang di hadapi guru SMPN 1 Kedungwaringin Bekasi
Copyrights © 2025