Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 2 (2024): November, Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah

Penerapan Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Salmiati, Salmiati (Unknown)
Sahupala, Okky Naomi (Unknown)
Azis, Ahmad Ridhai (Unknown)
Wahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode outdoor learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 2 SD Inpres No. 55 Deteng-Deteng. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre-experimental dengan model one group pretest-posttest design, yang melibatkan satu kelompok siswa tanpa kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan hasil belajar siswa, serta secara inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Uji normalitas dilakukan untuk memeriksa distribusi data, sementara uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode outdoor learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode outdoor learning memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum penerapan metode ini, nilai rata-rata pre-test siswa berada pada kategori sangat rendah, yaitu 48,39. Namun, setelah metode outdoor learning diterapkan, nilai rata-rata post-test meningkat secara signifikan menjadi 63,80, yang menunjukkan adanya peningkatan yang jelas dalam pemahaman materi. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000, yang lebih kecil dari 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Ini membuktikan bahwa penerapan metode outdoor learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan sebagian besar siswa bergerak ke kategori yang lebih tinggi seperti cukup, tinggi, dan sangat tinggi. Meskipun masih ada sebagian kecil siswa yang berada dalam kategori sangat rendah, mayoritas siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgmi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Passikola: Jurnal Pendidikan Dasar & Madrasah Ibtidaiyah. The term "Passikola" in the Mandar language refers to the activity or process of learning, commonly representing the teaching and learning activities in a school environment, particularly within the context of formal education in schools. In ...