Jurnal Pendidikan Sang Surya
Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Sang Surya

EFEKTIVITAS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN IBM SPSS STATISTIC 29 PADA MATA KULIAH STATISTIKA TERAPAN

Fajriyah, Euis (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah pendekatan instruksional yang berpusat pada peserta didik di mana masalah nyata yang kompleks digunakan sebagai alat untuk memajukan konsep dan prinsip pembelajaran peserta didik (Wang, 2021). Kegiatan pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Statistika dapat dikolaborasikan dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbantuan IBM SPSS Statistic 29 pada mata kuliah Statistika Terapan. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan yaitu uji rata-rata, uji proporsi, dan uji beda rata-rata, diperoleh hasil penelitian bahwa efektivitas penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbantuan SPSS IBM SPSS Statistic 29 pada mata kuliah Statistika Terapan berlangsung efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpss

Publisher

Subject

Education

Description

1.Pengembangan dan penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran; 2.Kegiatan dan proses dalam pembelajaran; 3.Evaluasi dan hasil pembelajaran; 4.Kebijakan, manajemen dan pembiayaan pendidikan; dan 5.Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses ...