Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora
Vol. 2 No. 4 (2022): Desember : Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

PENERAPAN MODEL PBL DAN PJBL DALAM PEMBELAJARAN MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Wiwiniarti Masambe (Universitas Negeri Manado)
Altje S. Pangemanan (Universitas Negeri Manado)
Anekke Pesik (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif materi Aritmetika Sosial siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang diajar dengan model Project Based Learning (PjBL). Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tatapaan sebanyak 20 siswa yang dibagi dalam dua kelompok dipilih secara acak kelompok eksperimen 10 siswa diajar dengan model PBL dan kelompok kontrol 10 siswa diajar dengan model PjBL. Kesimpulan penelitian yaitu (1) Hasil belajar ranah kognitif materi aritmetika sosial siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL memiliki nilai rata-rata 87,5 dengan standar deviasi 5,40 lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan model PjBL dengan nilai rata-rata 83 dengan standar deviasi 6,32; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif materi Aritmatika Sosial siswa kelas VII SMP N 1 Tatapaan yang diajar dengan model PBL dengan model PjBL. Hal ini dibuktikan oleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni thitung=3,829 > ttabel=1,734; dan(3) Terdapat perbedaan penerapan model PBL dan PjBL dalam pembelajaran Aritmatika Sosial pada siswa SMP Negeri 1 Tatapaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Khatulistiwa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial dan studi budaya. Jurnal Sosial ...