Kesulitan yang sering dialami siswa yaitu kesulitan saat mengerjakan soal diagram karna kurang mampu memahami maksud soal dan kebingungan saat menentukan operasi hitung yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar matematika pada siswa,untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas V SD Pangeran Antasari.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V dan guru kelas V Sd Swasta Pangeran Antasari. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes soal, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah lebih banyak yang mengalami kesulitan belajar matematika dalam mengerjakan soal diagram garis, batang, dan gambar. Kesulitan belajar matematika menyelesaikan soal diagram yang terjadi di kelas V SD meliputi kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam kterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yng berasal dari siswa meliputi IQ atau intelegensi, sikap siswa dalam belajar matematika, motifasi belajar siswa yang masih rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal dan kemampuan pengindraan siswa yang kurang. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar tubuh siswa antara lain kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, sarana prasarana disekolah, serta lingkungan keluarga.
Copyrights © 2022