Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus t tes. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai hasil belajar pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,1. Dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Sedangkan pada kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,6. Dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar tentang benda dan kegunaannya dalam pembelajaran tematik siswa kelas V. Hal ini dapat dilihat dari analisis data diperoleh nilai t sebesar 5,362 dengan signifikansi 0.000. Dengan menggunakan t tabel sebesar 1.693. berdasarkan data tersebut maka t hitung 5,362 > t tabel 1,720 dan signifikansi 0.000 < 0.005.
Copyrights © 2021