Journal of Special Education Lectura
Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Special Education Lectura

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Tunagrahita

Effran Zudeta (Universitas Lancang Kuning)
Dina Fitriani (Universitas Lancang Kuning)
Firmansyah (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki tingkat intelegensi dibawah rata-rata yang menyebabkan adanya hambatan dalam akademik dan perkembangan sehingga memerlukan intervensi khusus dalam pembelajaran, salah satunya adalah pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian literatur. Jenis penelitian ini diangkat untuk menggabungkan informasi dari beberapa penelitian sebelumnya. Berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan media permainan seperti flashcard atau ular tangga dapat dijadikan sebagai pengembangan pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu, metode pendekatan SLEBEW dan TPR juga mennunjukkan adanya peningkatan pemahaman bahasa Inggris pada anak tunagrahita. Hasil kajian dari penelitian menunjukkan ada beberapa metode pendekatan dan media permainan yang dapat digunakan untuk pengembangan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak tunagrahita.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSELectura

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal of Special Education Lectura adalah jurnal penelitian yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian dari ...