cover
Contact Name
Meta Silfia Novembli
Contact Email
metasilfia_n@unilak.ac.id
Phone
+6285374358083
Journal Mail Official
metasilfia_n@unilak.ac.id
Editorial Address
Fakultas Pendidikan dan Vokasi Universitas Lancang Kuning Jl. Yos Sudarso No.KM 8, Umban Sari, Rumbai, Pekanbaru, 28266
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Journal of Special Education Lectura
ISSN : -     EISSN : 30251494     DOI : https://doi.org/10.31849/jselectura
Journal of Special Education Lectura adalah jurnal penelitian yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan bidang pendidikan khusus. Adapun Focus dan Scopenya adalah sebagai berikut: 1. Pendidikan Inklusi 2. Intervensi Dini bagi Siswa Berkebutuhan Khusus 3. Teknologi Asistif bagi Individu dengan Disabilitas 4. Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Individu dengan Disabilitas 5. Layanan Pendidikan Khusus 6. Modifikasi Kurikulum bagi Anak Berkebutuhan Khusus 7. Program Pembelajaran bagi Siswa Berkebutuhan Khusus 8. Identifikasi dan Asesmen bagi Siswa Berkebutuhan Khusus
Articles 32 Documents
Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berdampak pada Peningkatan Prestasi Siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Bangkinang Kota Yusneli Yusneli
Journal of Special Education Lectura Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Special Education Lectura
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jselectura.v1i01.13635

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajamen sumber daya manusia di Sekolah Luar Biasa Negeri Bangkinang Kota yang memberikan dampak pada peningkatan prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Bangkinang Kota yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer dan data sekunder. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi berperan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis model interaktif miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam manajemen sumber daya manusia telah mendorong kualitas guru sehingga peningkatan prestasi siswa juga meningkat. ABSTRACT This study aims to analyze and describe human resource management at the Bangkinang Kota Special School which has an impact on increasing student achievement. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. The subjects in this study were teachers and students at Bangkinang Kota Special School who were selected by purposive sampling. Data collection techniques were carried out in natural settings, primary data sources and secondary data. Data collection tools in this study used role observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis in the study used Miles and Huberman's interactive model analysis. The results of the study show that the principal's leadership role in human resource management has boosted teacher quality so that student achievement has also increased.
Implementasi Metode Merobekkan Kertas untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Hasanah, Nisaul; Herlinawati; Hendriana Putri, Tiara
Journal of Special Education Lectura Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Special Education Lectura
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jselectura.v1i01.14242

Abstract

ABSTRAK Anak Autis memiliki permasalahan pada motorik halusmya dimana kemampuan tersebut tidak berkembang sesuai dengan anak pada umumnya, hal ini dikarenakan tidak berkembang secara maksimal akan mempengaruhi aktivitasnya. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah kajian literatur. Jenis penelitian ini dipilih karena akan mengumpulkan informasi dari beberapa penelitian sebelumnya dengan topik yang serupa yang berhubungan dengan keefektifan metode merobek kertas untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak Autis juga untuk menambah dan memperluas informasi mengenai motorik halus anak Autis. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode merobekkan kertas efektif meningkatkan kemampuan motorik halus terutama pada anak autis. Hubungan antara aktivitas merobek kertas ini dengan peningkatan kemampuan motorik halus karena otak juga mempengaruhi perkembangan motorik karena otak merupakan yang mengontrol setiap gerakan yang dilakukan. ABSTRACT Children with Autism have problems with their fine motor skills where these abilities do not develop according to children in general, this is because not developing optimally will affect their activities. The research method used in this article is a literature review. This type of research was chosen because it will collect information from several previous studies with similar topics related to the effectiveness of the paper tearing method to improve fine motor skills in children with Autism as well as to add and expand information about fine motor skills in children with Autism. The results of the study show that the method of tearing paper is effective in improving fine motor skills, especially in children with Autism. The relationship between this activity of tearing paper and increasing fine motor skills is because the brain also influences motor development because the brain controls every movement that is made.
Pentingnya Dukungan Lingkungan Pada Anak Tunanetra Nayya Umira
Journal of Special Education Lectura Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Special Education Lectura
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jselectura.v1i2.14245

Abstract

ABSTRAK Dampak dari hambatan yang dimiliki anak dapat menimbulkan persepsi negatif pada diri anak, sehingga citra diri anak tidak baik. Sikap yang dapat terjadi berupa rendah diri rasa malu tidak percaya diri, minder, sulit bergaul. Beberapa hal yang dapat menentukan perkembangan sosial pada anak tunanetra yaitu sikap dari orang tua, guru, dan teman sebaya. Dukungan dari orang tua sangat berpengaruh bagi prestasi anak dan keberhasilan di masa depan. Adanya dukungan emosional berupa empati dan kepedulian memberikan perhatian, apresiasi, dukungan, dan bantuan dalam bentuk apapun. Dukungan sosial dari teman sebaya dapat mempengaruhi tingkat prestasi anak dalam belajar dan dapat berpengaruh meningkatkan kemampuan yang dimiliki anak sehingga anak dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Namun dalam lingkunga masyarakat, mereka dianggap tidak berguna, selalu menyusahkan orang lain, tidak memiliki masa depan yang cerah, dan lain-lain. Jika masyarakat dapat berpikir anak tunanetra memiliki kemampuan dan potensi yang baik, maka secara tidak langsung lingkungan juga membantu perkembangan sosial anak dan menciptakan citra diri yang positif, sehingga anak dapat mengeksplor lingkungan sekitar dan mengembangkan potensi atau bakat dan minat yang dimiliki anak. Studi ini menggunakan keseluruhan artikel yang disajikan dalam bentuk litertature riview mengenai pentingnya pengaruh lingkungan terhadap perkembangan sosial anak tunanetra ABSTRACT The impact of the obstacles that children have can lead to negative perceptions in children, so that the child's self-image is not good. Attitudes that can occur include low self-esteem, shame, lack of confidence, self-consciousness, difficulty getting along. Several things can determine the social development of blind children, namely the attitudes of parents, teachers, and peers. Support from parents is very influential for children's achievements and success in the future. The existence of emotional support in the form of empathy and caring giving attention, appreciation, support, and assistance in any form. Social support from peers can affect a child's level of achievement in learning and can affect a child's ability to improve so that the child can achieve the desired goals. However, in society, they are considered useless, always causing trouble for others, not having a bright future, and so on. If people can think that blind children have good abilities and potential, then indirectly the environment also helps children's social development and creates a positive self-image, so that children can explore their surroundings and develop their potential or talents and interests. This study uses all articles presented in the form of a literature review regarding the importance of environmental influences on the social development of blind children.
Perkembangan Bahasa Anak Down Syndrome Indah Putri Dayana
Journal of Special Education Lectura Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Special Education Lectura
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jselectura.v1i01.14260

Abstract

ABSTRAK Anak berkebutuhan khusus adalah individu yang memiliki keunikan tersendiri salah satu klasifikasi anak berkebutuhan khusus adalah anak down syndrome. Anak down syndrome termasuk pada anak keterbelakangan mental yang disebabkan oleh genetic karna adanya kelebihan kromosom 21 pada sel somatik yang dialami. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literature review. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan bahasa anak down syndrome dari sumber buku dan artikel jurnal. Dilihat dari berbagai artikel mengatakan bahwa anak down syndrome ini mengalami hambatan pada perkembangan bahasanya. Berdasarkan penelitian dari beberapa jurnal setelah di analisis dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa anak down syndrome dapat ditingkat melalui pelatihan dramatherapy dan metode pembelajaran permainan gambar benda serta dukungan dari orangtua. ABSTRACT Children with special needs are individuals who have their own uniqueness, one of the classifications of children with special needs is children with down syndrome. Down syndrome children are included in children with mental retardation caused by genetics due to the presence of excess chromosome 21 in the somatic cells they experience. This type of research uses a qualitative approach with the literature review method. The purpose of this research is to find out the description of the language development of children with Down syndrome from books and journal articles. Judging from various articles, it is said that children with Down syndrome experience obstacles in their language development. Based on research from several journals after being analyzed, it can be concluded that the language development of children with Down syndrome can be improved throug
Pengaruh Makanan terhadap Perilaku Anak Autis firmansyah, Faizah
Journal of Special Education Lectura Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Special Education Lectura
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jselectura.v2i2.14523

Abstract

Autis merupakan suatu gangguan perilaku yang berlebihan dan juga berperilaku berkekurangan. Perilaku berlebihan tersebut biasanya di cirikan yang hiperaktif dan perilaku tantrum atau mengamuk seperti mengepak, menggigit, berteriak, memukul, mencakar, dan menyakiti diri sendirj. Namun autis juga memilikir perilaku berkekurangan sehingga menimbulkan gangghan bicara atau perilaku sosial sehingga anak dengan gangguan autis menunjukkan perilaku tertawa atau menangis tanpa di ketahui sebab akibatnya (Pratiwi R, 2013). Gangguan perilaku pada anak autis salah satunya oleh faktor makanan. Maka dari itu tidak jarang anak autis di dietkan untuk membatasi perilaku yang berlebihan khususnya pada diet kasein dan glutein. Namun ketika melakukan diet sebaiknya mengganti makanan yang di perbolehkan untuk di konsumsi, sehingga anak tidak kurang gizi dengan menghilangkan makanan yang mengandung susu dan juga gandum tetapi harus menggantinya dengan makanan lain untuk menutupi kurangnya suplementasi vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan tubuh bagi anak autis tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi serta wawancara dilakukan dengan melibatkan langsung orang tua pada salah satu siswa autis di SLB Pelita Nusa. Adapun penjelasan yang akan di jelaskan pada penelitian ini adalah pemusatan perhatian dan konsentrasi anak autis. Berdasarkan hasil wawancara dengan orang tua dan satu orang guru di SLB Pelita Nusa, Pekanbaru, Riau. Menurut orang tuanya makanan anaknya tidak dibatasi dengan apa yang di sukainya. Selagi anak itu suka, maka orang tua akan terus memberikannya. Selama ini anak makan ayam siap saji atau junk food, cokelat, permen, pizza serta jenis-jenis makanan siap saji dan instan lainnya. Orang tua menganggap respon anak setelah diberikan makanan yang menimbulkan perilaku tertawa sebagai bentuk kebahagian dari pandangan orang tuanya. Menurut guru di SLB Pelita Nusa sangat menyangkan terhadap kebiasaan pola makan siswa yang seharusnya itu dihindari karena akan berpengaruh terhadap kegiatan belajar siswa. Jika anak diberikan makanan yang mengandung beberapa senyawa yang semestinya menjadi pantangan bagi anak autis seperti yang terkandung didalam tepung, beberapa jenis susu, coklat, serta penyedap dan pengawet yang berada pada makanan dan minuman kemasan membuat anak ketika didalam kelas menjadi lebih agresif, hiperaktif dan terkadang hingga mengganggu temannya. Anak dengan gangguan autis mengalami kendala khususnya pengontrolan emosi serta perilaku yang berada pada dirinya. Tidak bisa mengendalikan hal tersebut merupakan suatu permasalahan ketika dalam hal sedang berlangsungnya pembelajaran. Diperlukan konsentrasi serta pemusatan perhatian dari siswa kepada materi yang di berikan agar siswa menjadi paham pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian orang tua dan guru pada siswa autis di SLB Pelita Nusa pekanbaru disimpulkan sebagai berikut, Makanan salah satu hal yang berpengaruh pada anak autis karena ada suatu efek yang diberikan makanan tersebut terhadap tingkah laku anak. Kesulitan bagi anak autis salah satunya dalam pengendalian emosi serta hiperaktif secara langsung sangat mempengaruhi dalam kegiatan belajar. Di dalam belajar sangat memerlukan konsentrasi dan pemusatan penuh terhadap materi yang diajarkan guru. Namun untuk mengantisipasi serta cara untuk mendukung anak dalam hal belajar dengan perlunya orang tua mengatur yang di konsumsi dengan memberikan gizi seimbang dan sesuai kebutuhan. Orang tua harus memiliki pengetahuan luas terhadap jenis makanan yang di konsumsi dan dihindari.
Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian bagi Anak Kesulitas Belajar Menggunakan Multi Method Agnes Nainggolan, Deby
Journal of Special Education Lectura Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Special Education Lectura
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jselectura.v1i01.14651

Abstract

ABSTRAK Anak berkebutuhan khusus merupakan siswa yang memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan anak normal seusianya. Salah satu anak berkebuthan khusus adalah anak kesulitan belajar berhitung. Berdasarkan hasil asessmen terdapat anak kesulitan dalam mengerjakan perkalian dua angka dengan dua angka. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan multi method apakah dapat meningkatkan kemampuan operasi perkalian dua angka dengan dua angka. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen berupa pre-experimental design atau sering disebut quasi eksperimen dengan tipe one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini pemberian tes dilakukan dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan belajar anak dengan bimbingan operasi perkalian dua angka dengan dua angka setelah dianalisis dengan melihat rata-rata pada saat pretest yaitu 30% sedangkan untuk posttest terjadi peningkatan menjadi 73,33%. ABSTRACT Children with special needs are those who have their own characteristics compared to normal children of their age. One of the children with special needs is a child with difficulty learning to count. Based on the results of the assessor, there were difficulties for the child in doing the addition of two numbers with two numbers. This study aims to prove whether multi-methods can improve the ability to add two digits with two digits. In this study, researchers used an experimental method in the form of a pre-experimental design or often called a quasi-experimental with a one group pretest-posttest design. In this study, tests were carried out twice, namely before the experiment and after the experiment. The results of this study indicate that the learning ability of children with surgical guidance of adding two numbers with two numbers after being analyzed by looking at the average during the pretest was 30% while for the posttest there was an increase to 73.33%.
Efektivitas Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Anak Berkebutuhan Khusus Gustika Sari, Kena
Journal of Special Education Lectura Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Special Education Lectura
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jselectura.v2i2.14652

Abstract

This research is motivated by the problem of a mild mentally retarded child who has very low skills to make souvenirs so that there is a need for teaching to improve the skills of mild mentally retarded children so that they are proficient in making souvenirs so that this can be a provision for children in the future and can be competent in the world of work. The purpose of this research is to prove video tutorials in improving the ability to make souvenirs from handkerchiefs at SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang. The type of research used is single subjek research with the A-B-A design. Baseline A1 condition consists of four meetings, the intervention condition consists of seven meetings and the second baseline condition consists of three meetings. The method used in data collection in this study was recording events by collecting data when children made souvenirs from handkerchiefs. Based on direct observation, the data were analyzed using visual and graphic analysis. The results of the study stated that the video tutorial for making souveni from handkerchief towels can improve vocational skills during the learning process and aims for survival in the future.
Meningkatkan Ketrampilan Membuat Susu Kedelai bagi Anak Hambatan Pendengaran Menggunakan Project Method Wibowo, Firsan
Journal of Special Education Lectura Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Special Education Lectura
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jselectura.v1i01.14653

Abstract

ABSTRAK Anak hambatan pendengaran membutuhkan ketrampilan agar bisa hidup mandiri kedepannya. Salah satu wadah yang bisa di gunakan dalam mengoptimalkan kemampuannya adalah dengan melatih anak untuk bisa mengembangkan potensinya di bidang ketrampilan membuat susu kedelai. Seringkali orang berpikir mengajarkan ketrampilan kepada anak berkebutuhan khusus itu sangatah sulit, namun jika menggunakan metode yang tepat maka akan membantu anak tersebut untuk mengaplikasikannya. Peneliti tertarik untuk menggunakan project method untuk membuktikan efektif atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, menggunakan pre-experimental design atau sering juga disebut dengan quasi experiment dengan jenis one group pretest-postest design. Di dalam penelitian ini observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan setelah eksperimen. Subjeknya adalah 4 orang anak hambatan pendengaran kelas VII di SLB di Sumatera Barat. Dapat disimpulkan bahwa project method dapat meningkatkan ketrampilan membuat susu kedelai anak hambatan pendengaran. ABSTRACT Hearing impaired children need skills to be able to live independently in the future. One way that can be used to optimize their abilities is to train children to be able to develop their potential in the field of skills in making soy milk. Often people think teaching skills to children with special needs is very difficult, but if you use the right method it will help the child to apply it. Researchers are interested in using the project method to prove whether it is effective or not. The method used in this study is an experimental method, using a pre-experimental design or often also called a quasi-experiment with the type of one group pretest-posttest design. In this study, observations were made twice, namely before the experiment and after the experiment. The subjects were 4 class VII hearing impaired children at SLB in West Sumatra. It can be concluded that the project method can improve the skills of making soy milk for children with hearing impairments.
Strategi Pendidikan Inklusif Berbasis Pemikiran Al-Ghazali: Suatu Tinjauan Literatur Rendy Amora Jofipasi; Jon Efendi; Robbi Asri
Journal of Special Education Lectura Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Special Education Lectura
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jselectura.v1i2.17986

Abstract

This article discusses an inclusive education strategy based on Al-Ghazali's thinking as an effort to improve access and quality of education for children with special needs. Al-Ghazali's thinking, a prominent Islamic philosopher, provides a relevant ethical and moral foundation for guiding inclusive education. This strategy involves the application of tarbiyah values (character formation) and the concept of equality in learning. Al-Ghazali’s teachings explore how education can be tailored to meet the diverse needs of students. Al Ghazali's thinking about equality and social responsibility also plays an important role in the implementation of inclusive education for students with special needs. The research aim of this article is to reveal inclusive education strategies in the development of curricula based on the character and ethical values of different learning styles, student needs, and support for students in inclusive settings. By embracing the Al-Ghazali perspective, inclusive education can be a means of building a more inclusive society that respects diversity. The results of the research show that an inclusive education strategy based on Al-Ghazali's thinking can provide a solid philosophical and ethical foundation for achieving meaningful and sustainable inclusive education. Thus, this effort not only tries to understand Al-Ghazali's educational philosophy, but also to apply it in a modern context to advance inclusive education that recognizes and respects individual diversity within society.
Pengaruh Dinamika Pendekatan Psikoanalisis Terhadap Kematangan Karir Pada Anak Berkebutuhan Khusus Rendy Amora Jofipasi; Jon Efendi; Robbi Asri
Journal of Special Education Lectura Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Special Education Lectura
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jselectura.v1i2.18192

Abstract

This article discusses the exploration of psychoanalytic factors that affect career maturity in children with special needs. The research focuses on psychodynamic elements that may provide insight into career development in children with special needs. By analyzing subconscious conflict, psychosexual dynamics, and defence mechanisms, the study attempts to identify key factors that play a role in the formation of career maturity. Through the identification of these factors, it is expected to reveal a richer view of the impact of psychodynamics on professional maturity of children with special needs. The research seeks to provide a better understanding of the career path of children with special needs and integrate concepts of psychoanalysis. Hopefully the results can help design more appropriate and supportive intervention approaches to help them independence and social integration through career choices that fit their potential and specific needs. The results of this research can provide a deep understanding of how psychoanalytic factors contribute to career maturity in children with special needs, with the potential to provide guidance to support their professional development and facilitate their integration into society.

Page 1 of 4 | Total Record : 32