Journal of Special Education Lectura
Vol. 2 No. 1 (2024): Journal of Special Education Lectura

Implementasi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLB PGRI Pademawu

Ananda Putra, Fahrizal (Unknown)
Nova Estu Harsiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi pendidikan karakter pada anak-anak tunarungu di SLB PGRI Pademawu. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendidikan karakter di SLB PGRI Pademawu melibatkan kegiatan rutin seperti sholat dhuha, mengaji, dan memberikan salam. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan kemampuan komunikasi siswa tunarungu, yang diatasi dengan penggunaan bahasa isyarat dan penyesuaian metode pengajaran. Guru-guru berperan besar dalam menanamkan nilai-nilai seperti kerja sama, empati, dan ketahanan melalui pendekatan kontekstual yang mengaitkan pelajaran dengan situasi sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter ini berkontribusi pada pembentukan siswa yang berprofil Pancasila, mencakup aspek keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Upaya ini diharapkan menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan sikap positif dan etika yang kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSELectura

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal of Special Education Lectura adalah jurnal penelitian yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian dari ...