Mahasiswa dalam program pendidikan matematika harus menjadikan pengembangan kemampuan berpikir kreatif mereka sebagai prioritas utama. Mahasiswa yang mampu berpikir kreatif lebih mampu memahami masalah matematika yang kompleks, menghasilkan solusi orisinal, dan menyelesaikan tugas yang menantang. Para peneliti di Universitas Muhammadiyah Purworejo berharap mahasiswa pendidikan matematika semester ketiga mereka dapat memperoleh manfaat dari pendekatan proyek video pembelajaran yang mendorong kreativitas. Para pendidik matematika di Universitas Muhammadiyah Purworejo berharap penelitian ini dapat memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan pembelajaran mereka dan mendorong siswa untuk berpikir di luar kotak. "Penelitian tindakan kelas" adalah istilah yang digunakan untuk mengkarakterisasi penelitian ini. Para pendidik terlibat dalam penelitian tindakan kelas ketika mereka berusaha untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan kemanjuran guru melalui penelitian yang dilakukan dalam lingkungan kelas atau sekolah mereka sendiri. Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat langkah: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tiga puluh mahasiswa semester ketiga dalam Program Studi Pendidikan Matematika di kelas 3A Universitas Muhammadiyah Purworejo akan menjadi subjek penelitian ini, yang bertujuan untuk menganalisis dampak metodologi pembelajaran matematika perguruan tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui dokumentasi dan kuesioner. Dengan menggunakan paradigma pembelajaran proyek, mahasiswa semester tiga Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo mampu menumbuhkan daya imajinasinya. Hal ini terlihat dari data yang terkumpul sebelum siklus 1, 2, dan 3. Seperempat dari siswa pada kelompok prasiklus dinilai memiliki kreativitas yang lemah. pada siklus 1 ketercapaian kreativitas mahasiswa dengan Kategori minimal kreatif sebesar 40%. pada siklus 2 ketercapaian kreativitas mahasiswa dengan Kategori minimal kreatif sebesar 60%. pada siklus 3 ketercapaian kreativitas mahasiswa dengan Kategori minimal kreatif sebesar 77%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025