Pengembangan kemampuan berpikir kritis menjadi kebutuhan mendasar bagi peserta didik dalam konteks pembelajaran abad 21 dalam menghadapi berbagai tantangan serta perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sayangnya, kompetensi ini belum optimal di SDN Naganuri Sape. Salah satu kendala utama teridentifikasi pada pemilihan media pembelajaran yang kurang relevan dengan kebutuhan siswa. Alternatif solusi yang diajukan adalah pengembangan media pembelajaran berbasiskan teknologi yang selaras dengan tuntutan abad 21, yaitu kartu interaktif dengan memanfaatkan platform Wordwall . Penelitian ini dirancang untuk mengkaji kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media kartu interaktif Wordwall pada upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metodologi yang dipakai yakni penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model ADDIE sebagai kerangka kerja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Naganuri Sape yang berjumlah 20 orang, dengan variabel media interaktif Wordwall serta kemampuan berpikir kritis dan instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, wawancara, dokumentasi, dan tes pretest posttest. Hasil uji kelayakan media memperlihatkan persentase sangat layak (90%), sementara uji kepraktisan dari guru dan siswa sangat baik (92% dan 97,3%). Analisis efektivitas memperlihatkan N-Gain score 0,73 (kategori cukup efektif). Disimpulkan bahwa media kartu interaktif Wordwall yang dilaksanakan pengembangan cukup efektif membuat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Naganuri Sape.
Copyrights © 2025