JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 2 (2025): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Pemanfaatan Media Papan Pecahan Putar dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Sekolah Dasar

Distira, Amalia Selvi (Unknown)
Faruq, Dukan Jauhari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Banyak siswa mengalami kesulitan memahami pecahan karena sifatnya yang abstrak, sehingga diperlukan media konkret untuk mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media pecahan pecahan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan, meliputi bentuk, nilai, dan pengoperasian pecahan dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SD Negeri 2 Keting, melibatkan 14 siswa kelas IV dan seorang guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media, hanya 14,29% siswa memahami pecahan dengan benar. Setelah penerapan media papan pecahan putar, pemahaman siswa meningkat menjadi 71,43%, dengan siswa lebih antusias dan mampu memvisualisasikan pecahan secara konkret. Guru melaporkan media ini memudahkan penyampaian materi dan meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media papan pecahan putar efektif meningkatkan pemahaman konsep pecahan dan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...