JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 2 (2025): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D Menggunakan Aplikasi Asambler Edu Materi Pokok Keperawatan Siswa Kelas VII SMP Kesehatan Mandonga Kota Kendari

Salim, Muh. (Unknown)
Darman, Darman (Unknown)
Fajriani, Alfiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji aplikasi Asambler Edu berbasis teknologi dengan visualisasi tiga dimensi (3D) untuk materi keperawatan di SMP Kesehatan Mandonga Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) Media dikembangkan menggunakan model ADDIE dan divalidasi oleh tiga ahli menggunakan instrumen skala Likert. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara, lalu dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.. Data kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi keperawatan serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Hasil evaluasi dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa aplikasi ini layak digunakan dengan tampilan visual yang menarik dan kemudahan akses yang baik. Meskipun demikian, beberapa aspek seperti kesesuaian materi dengan perkembangan siswa dan penyempurnaan navigasi serta desain aplikasi masih perlu diperbaiki. Uji coba aplikasi pada siswa menunjukkan respons positif, dengan mayoritas siswa merasa terbantu dalam memahami materi dan merasa aplikasi ini mudah digunakan serta menyenangkan. Secara keseluruhan, aplikasi Asambler Edu terbukti efektif sebagai media pembelajaran berbasis teknologi dan memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut guna mendukung proses pembelajaran di tingkat SMP.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...