DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 2 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Deskripsi Kelas VIII SMP Negeri 35 Medan

Marunduri, Mega Intan Silviana (Unknown)
Ningsih, Wahyu (Unknown)
Ariga, Hijrah Purnama Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Tujuan kajian ini adalah mengidentifikasi jenis kesalahan berbahasa, faktor penyebabnya, serta memberikan rekomendasi strategi pembelajaran yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data utama berupa karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi, sementara analisis data dilakukan melalui identifikasi, klasifikasi, penjelasan, dan evaluasi kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan tata bahasa menjadi jenis kesalahan yang paling dominan, diikuti oleh kesalahan ejaan dan diksi. Kesalahan tata bahasa meliputi kalimat tidak efektif, penggunaan kata kerja tidak baku, dan struktur kalimat yang tidak sesuai. Faktor penyebab kesalahan berbahasa meliputi kurangnya pemahaman kaidah bahasa, motivasi belajar rendah, minimnya kebiasaan membaca, serta pengaruh lingkungan bahasa sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut, strategi yang direkomendasikan meliputi latihan intensif menulis, penguatan pemahaman ejaan, pembelajaran kontekstual diksi, serta pembelajaran berbasis proyek untuk memberikan pengalaman menulis yang lebih mendalam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...