Peran pendidik memiliki signifikansi besar dalam proses pengembangan dan penerapan kurikulum. Pengembangan kurikulum menghadapi beberapa hambatan yang menjadi tantangan bagi guru, antara lain kesiapan tenaga pengajar, sarana dan prasarana pendidikan, perubahan dalam paradigma pembelajaran, serta penilaian dan evaluasi. Selain itu, kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, konsistensi dan keberlanjutan, perubahan dalam kebijakan pendidikan, keterbatasan dalam sumber daya, dinamika sosial dan teknologi, serta keragaman geografis dan budaya juga menjadi tantangan. Implementasi yang konsisten juga penting dalam konteks ini. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka yang berasal dari peneliti perpustakaan, yaitu studi literatur. Data yang diperoleh dari sumber tersebut akan digabungkan, disaring, dan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik interpretasi untuk memperjelas peran guru dalam menghadapi tantangan pengembangan kurikulum. Dengan adanya peran yang signifikan dari guru dalam menghadapi tantangan yang ada, hal ini berpotensi untuk meningkatkan kualitas sekolah, melalui adanya kurikulum yang relevan serta kelancaran dalam pelaksanaan program sekolah.
Copyrights © 2025