Pendidikan abad ke-21 menuntut inovasi dalam manajemen kurikulum untuk memastikan peserta didik memiliki keterampilan yang relevan dengan perkembangan zaman yang dinamis. Artikel ini mengkaji strategi efektif dalam manajemen kurikulum yang relevan untuk menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21 dengan menggunakan metode literature review. Kurikulum abad 21 menekankan penguasaan kompetensi berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi, literasi teknologi, dan pembentukan karakter. Untuk mendukung tujuan tersebut, manajemen kurikulum perlu dilakukan secara adaptif, kontekstual, dan berbasis teknologi. Strategi yang diidentifikasi meliputi perencanaan pembelajaran yang relevan, penguatan kompetensi guru melalui pelatihan digital, penguatan kolaborasi antara sekolah dan orang tua, serta adopsi model pembelajaran inovatif seperti Project-Based Learning dan blended learning. Artikel ini juga menyoroti tantangan implementasi seperti kesenjangan digital, resistensi terhadap perubahan, dan perlunya infrastruktur pendidikan yang memadai. Dengan strategi dan inovasi yang tepat, institusi pendidikan dapat menciptakan ekosistem pembelajaran yang fleksibel, berkelanjutan, dan mampu mempersiapkan peserta didik untuk sukses di era global yang dinamis.
Copyrights © 2025