APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2016): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

NISA’, ROISATUN (Unknown)
NISA, ROISATUN (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil berpikir kritissiswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gayakognitif dan kemampuan matematika. Subjek penelitian adalah siswakelas VIII MTs. Assaadah II Bungah Gresik yang terdiri dari 4 siswa,yang terdiri dari siswa berkemampuan matematika tinggi dengan gayakognitif reflektif, dan gaya kognitif impulsif, siswa berkemampuanmatematika rendah dengan gaya kognitif reflektif, dan gaya kognitifimpulsif.Berdasarkan analisis data hasil penelitian, (1) siswaberkemampuan matematika tinggi dengan gaya kognitif reflektifketika menyelesaikan soal cerita, subjek menentukan pokokpermasalahan, menyebutkan fakta apa saja yang sesuai denganpermasalahan. (2) siswa berkemampuan matematika tinggi dengangaya kognitif impulsif ketika menyelesaikan soal cerita, subjekmenentukan pokok permasalahan, tetapi ada informasi yangdiungkapkan kurang lengkap. (3) siswa berkemampuan matematikarendah dengan gaya kognitif reflektif ketika menyelesaikan soal cerita,subjek membaca berulang-ulang untuk memahami soal. (4) siswaberkemampuan matematika rendah dengan gaya kognitif impulsifketika menyelesaikan soal cerita, subjek membaca berulang-ulanguntuk mengetahui informasi apa saja yang ada pada soal.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...