APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2016): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PEMAHAMAN SISWA SMP PADA MASALAH KALIMAT MATEMATIKA

Listiawati, Enny (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2016

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa SMP padamasalah kalimat matematika karena hal ini sangat penting danmempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kalimatmatematika. Adapun tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikanpemahaman siswa SMP pada masalah kalimat matematika. Subjekpenelitian ini adalah dua orang siswa SMP kelas VIII yang terdiri darisatu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki yang mempunyaikemampuan matematika setara. Instrumen penelitian ini adalah penelitisendiri dengan instrumen pendukung yaitu soal tes kemampuanmatematika, soal tes pemahaman pada kalimat matematika danpedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh ada perbedaanpemahaman subjek laki-laki dan perempuan. Subjek laki-laki danmenginterpretasikan masalah kalimat matematika dengan kalimatsendiri dengan singkat sedangkan subjek perempuanmenginterpretasikan dengan kalimat sendiri secara lengkap danterperinci. Subjek laki-laki menyelesaikan masalah kalimat matematikasecara langsung tanpa menuliskan cara penyelesaian. Sedangkan subjekperempuan menyelesaikan masalah matematika lengkap denganmenggunakan cara penyelesaian yaitu perkalian.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...