Jurnal Dharma PGSD
Vol 1 No 1 (2021): Januari

Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah DI SDN 058/II Sari Mulya

Dika Lusyanti (Universitas Dharmas Indonesia)
Wiwik Okta Susilawati (Universitas Dharmas Indonesia)
Gingga Prananda (Universitas Dharmas Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2020

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada masalah perkembangan zaman yang terus berubah, sekolah dihadapkan pada sejumlah persoalan salah satunya fenomena tentang kondisi moral/akhlak generasi muda yang rusak, situasi sosial, kultural masyarakat kita akhir-akhir ini memang semakin mengkhawatirkan. Ada berbagai macam peristiwa dalam pendidikan yang semakin merendahkan harkat dan derajat manusia. Hancurnya nilai-nilai moral, merebaknya ketidakadilan, tipisnya rasa solidaritas telah terjadi dalam lembaga pendidikan. Oleh sebab itu dalam suatu sekolah dibutuhkan budaya yang dapat membentuk karakter peserta didik yang baik. Penelitian ini dilakukan di SDN 058/II Sari Mulya bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan (verifikasi). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SDN 058/II Sari Mulya dilaksanakan oleh peserta didik dan semua warga sekolah termasuk kepala sekolah dan guru dengan cara mengimplementasikan ke dalam bentuk kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan serta pengkondisian, 2) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah yaitu dengan adanya kerja sama dan komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang lain, 3) Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah yaitu berasal dari diri peserta didik itu sendiri yang terkadang lalai serta kontrol dari orang tua ketika berada di rumah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

judha

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Dharma PGSD Mempublikasikan hasil penelitian tentang pendidikan dasar dengan berbagai topik kajian (belajar dan pembelajaran, strategi, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, evaluasi pembelajaran, psikologi pembelajaran, dan atau pedagogy, sains, sosial, matematika, ...