Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024 Press

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 MATERI PECAHAN SENILAI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN LALANGON I

Assholehah, Aprilia Shelvi (Unknown)
Hardiansyah, Framz (Unknown)
asmoni, asmoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Tujuan penilitian ini dilaksanakan untuk dapat mengetahui bagimana pengaruh penggunaan media pembelajaran PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam materi pecahan senilai di SDN Lalangon 1. Pendekatan kuantitatif yang digunakan dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Tempat penelitian yaitu kelas IV SDN Lalangon I dimana, populasii dan sampel berjumlah sebanyak 45 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: 22 siswa di kelas eksperimen serta 23 siswa di kelas kontrol. Intrumen pengumpulan data yaitu melalui observasi, tes formatif, dan dokumentasi. Dari hasil analisi data yang diperoleh menunjukkan bahwa data yang diigunakan berdistribusi normal serta homogen. Selain itu, nilai t-hitung (8,53) menunjukan hasil yang lebih besar daripada t-tabel (2,00) yang diperoleh dari perhitungan hasil pretest dan posttest, disimpulkan bahwa penggunaan PhET Simulation secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...