Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 December 2024 In Press.

EKSPLORASI KAJIAN ETNOMATEMATIKA DALAM ARSITEKTUR BANGUNAN ISTANA KANTOR DI PULAU PENYENGAT PADA MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR

Raja Muhammad Syarwandi (Unknown)
Muhammad Fendrik (Unknown)
Munjiatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kajian etnomatematika dalam arsitektur bangunan Istana Kantor di Pulau Penyengat. Dan menganalisa kaitan antara arsitektur bangunan Istana Kantor dengan materi geometri pada Fase C di sekolah dasar. Serta mendeskripsikan filosofi yang terkandung di dalam arsitektur bangunan Istana Kantor di Pulau Penyengat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian etnografi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta sumber-sumber lain seperti buku dan jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kajian etnomatematika melayu tentang arsitektur bangunan bangunan Istana Kantor di Pulau Penyengat terkait dengan materi geometri di sekolah dasar, diantaranya pada topik bangun datar dan bangun ruang. Serta terkandung filosofi di dalamnya, baik dari tata letak ruang, warna, bentuk, dan lain sebagainya. Dari penelitian ini, peneliti merekomendasikan untuk memasukkan etnomatematika pada arsitektur bangunan Istana Kantor di Pulau Penyengat sebagai sumber belajar matematika pada materi geometri fase C di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...