Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PROSES ‎PEMBELAJARAN

Zapia Gustina (Unknown)
Ririn Rizki Apdasuli (Unknown)
Melda Tri Aprisa (Unknown)
Nurlaili (Unknown)
Asniti Karni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan pendekatan penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, yang mampu mengatasi keragaman budaya, agama, dan etnis di indonesia. Implementasi pendidikan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap saling menghargai dan toleransi antar siswa, membentuk karakter yang mampu mengurangi konflik sosial dan meningkatkan keharmonisan masyarakat. Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip multikultural ke dalam kurikulum dan kegiatan sekolah, pendidikan dapat mengurangi prasangka dan meningkatkan pemahaman antarsesama. Faktor pendukung, seperti peran guru, lingkungan sekolah, dan program kegiatan, berkontribusi penting dalam proses implementasi pendidikan multikultural. Kesadaran dan apresiasi terhadap keberagaman perlu ditanamkan sejak dini untuk menciptakan generasi yang menghormati perbedaan dan mampu berpartisipasi dalam masyarakat yang plural.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...