Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09, Nomor 04, Desember 2024

ANALISIS KURANGNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MARENGAN DAYA III

Dwiyanto, Febri (Unknown)
Isna Ida Mardiyana (Unknown)
Rika Wulandari (Unknown)
Sigit Susanto Putro (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Minat belajar siswa itu sangat penting bagi guru karena dengan meningkatnya minat belajar siswa itu bisa mempermudah guru dalam mengajarkan sebuah pelajaran pada siswa. Akan tetapi, pada saat proses pembelajaran tidak menutup kemungkinan dengan adanya siswa yang mengaalami kesulitan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa yang mengalami kesulitan belajar sering ditandai dengan orang bodoh oleh orang yang ada di sekitarnya. Pada usia sekolah dasar, kesulitan belajar yang sering ditemui diantaranya adalah kesulitan dalam membaca, menulis, dan menghitung. Siswa yang mengalami kesulitan belajar akan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, sehingga pada penelitian ini, peneliti melakukan studi lapangan berupa studi kasus yang di lakukan di SDN Marengan Daya III pada kelas 4. Pada pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi dan wawancara. Dari hasil observasi dan wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar itu terjadi karena kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya. Rata-rata siswa yang ada di SDN Marengan Daya III ketika belajar siswanya hanya belajar di sekolah saja, ketika di rumah siswanya hanya bermain saja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...